Sunday, November 23, 2014

Tips Sehat Saat Di Depan Laptop atau Komputer


Teknologi pada zaman sekarang sudah semakin maju. Berbagai alat atau mesin baru telah berhasil dibuat dan diproduksi secara massal untuk mempermudah pekerjaan manusia. Jadi kita dimudahkan dan diuntungkan atas kemajuan teknologi tersebut. Salah satunyaadalah komputer dan laptop yang sudah banyak dimiliki oleh sebagian besar manusia. namun, disamping menguntungkan kita, komputer dan laptop membawa dampak buruk bagi kesehatank kita, jika kita berlama-lama didepan laptop maupun komputer . Adapun tips sehat yang dapat kita lakukan :
  1. Untuk menghindari dari kram pada tangan, leher dan kaki anda, sebaiknya anda sesekali memutar leher dengan searah atau berlawanan dengan jarum jam dan juga renggangkan jemari kaki dan tangan anda saat sudah agak lama didepan layar laptop maupun komputer.
  2. Saat berada terlalu lama di depan layar laptop maupun komputer otomatis tubuh anda akan jarang sekali tubuh anda akan jarang sekali bergerak dan ini tidak baik untuk kesehatan. Ada baiknya, anda meluangkan waktu di pagi atau sore hari untuk berjalan atau berolahraga untuk kembali melemaskan otot-otot persendian tubuh anda.
  3. Saat berada di depan layar laptop maupun komputer, usahakan duduk dengan posisi yang benar yaitu dengan menjaga jarak mata anda dengan layar laptop, usahakan bahu tetap rileks dan posisi punggung yang tegak dan jangan membungkuk serta mengistirahatkan jemari tangan anda setelah sekian lama mengetik didepan komputer maupun laptop.
  4. Orang yang berada terlalu lama didepan komputer maupun laptop biasanya mengalami pertambahan berat badan secara drastis. Jadi diusahakan berolahraga dan menjaga pola makan serta mengkonsumsi makanan yang sehat untuk memperlancar metabolisme tubuh anda.
  5. Usahakan mengedipkan mata anda di depan layar laptop maupun komputer dengan intensitas yang sering. Ini berguna agar mata anda tidak perih karena kering dan juga menghindari dari berbagai bahaya penyakit mata yang mungkin timbul, dikarenakan terlalu sering berada berlama-lama didepan komputer maupun laptop.

No comments:

Post a Comment