Monday, December 1, 2014

Wisata Candi Cangkuang Garut


Candi  Cangkuang  adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Desa Cangkuang berasal dari nama sebuah pohon yang bernama Pohon Cangkuang (Pandanus Furcatus) yang banyak terdapat di sekitar Makam Embah Dalem Arif Muhammad. Konon menurut cerita masyarakat setempat, Embah Dalem Arif Rachmad dan teman-temannya  yang membendung daerah ini sehingga terbentuklah sebuah danau yang dinamakan Situ Cangkuang.

Candi Cangkuang telah dibangun pada zaman kerajaan Sunda pertama yaitu Kerajaan Galuh. Di dekat candi ada makam peninggalan penganuat agama Islam, yitu Arief Muhammad. Dia salah seorang  tentara kerajaan Mataram dari Jawa Tengah yang pergi menyerang belanda di Batavia pada abad ke 17. penyerangannya gagal, dia tidak kembali, tetapi menetap di Cangkuang mengajar dan menyebarkan agama Islam kepada masyarakat sekitarnya, tepatnya di kampung Pulo dimana keturunanya menetap sampai saat ini. 

Di Kampung Pulo terdapat kampung adat yang terdiri dari 6 buah rumah yang berjejer dan berhadap-hadapan, masing-masing 3 buah di sebelah kiri dan 3 disebelah kanan, ditambah dengan 1 buah mesjid. Alat transportasi yang digunakan untuk menyebrang ke kampung pulo masih tradisional yang terbuat dari bambu yang disebut rakit.

No comments:

Post a Comment