Sunday, December 28, 2014

Objek Wisata Kawah Kamojang


Kawasan Kawah Kamojang adalah kawasan wisata pegunungan yang alami, terletak di perbatasan Bandung – Garut, tepat nya di Kec. Ibun. Pegunungan Kamojang adalah pegunungan yang memiliki gas panas bumi yang aktif dan merupakan Lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Pertama Di Indonesia.

Kawah inilah yang di jadikan tenaga uap oleh PLTU Kamojang, Pertamina dan Indonesia Power. Menurut kuncen (penjaga) yang menjaga daerah tersebut uap yang di semburkan di daerah kamojang baik untuk kesehatan terutama kesehatan kulit. Banyak wisatawan yang berdatangan hanya untuk mandi uap di kamojang, walaupun uapnya bau belerang tapi menyegarkan untuk pernapasan.

Uap yang di hasilkan atau yang di semburkan berbeda beda. Untuk uap yang di hasilkan diatas disemburkan dengan tidak agresif dan cukup tenang dan tempatnya juga . Disitulah wisatawan bisa mandi uap tentunya dengan panduan penjaga tempat. Dan yang menarik lagi ketika si kuncen membawa telur mentah dan direbus di dalam air hasil uap tersebut dan dengan cukup 10 menit telur berubah matang dan layak makan. 

Uap yang cukup agresif bisa kita temukan di bawahnya karena semburan yang di hasilkan sangat kencang maka pengelola tempat tersebut membatasi dengan pagar besi agar wisatawan tidak terlalu dekat dengan sumber uap tersebut karena cukup berbahaya. Banyak wisatawan yang penasaran dengan melempar botol aqua atau kresek ke semburan tersebut dan itupun menjadi tontonan yang menarik. 


No comments:

Post a Comment